Bari para pecinta permainan poker, domino qq, bandar capsa, bandar sakong, bandar 66, bandar q dan lain sebagainya pasti pernah menghadapi pilihan untuk memiliki flash atau html5 apabila bermain melalui browser pada komputer. Pernahkah Anda bertanya-tanya, apakah sebenarnya flash dan html5 itu?
Pada kesempatan kali ini, kami ingin menjelaskan tentang perbedaan dari kedua opsi tersebut. Bagi para pecinta game berbasis web, FLASH dan HTML5 dikenal sebagai dua raja teknologi dalam game online. Simak perbedaan selengkapnya dari kedua
FLASH
Teknologi Flash sangat populer pada masa awal perkembangan internet hingga saat ini. Flash sendiri banyak digunakan untuk menampilkan halaman situs web interaktif dan juga game online berbasis web. Flash memiliki tampilan yang sama antar-perangkat, jadi jika Anda melihat suatu konten flash pada komputer, kemudian melihatnya pada handphone Anda maka tampilannya akan persis sama.
Salah satu situs terkemuka yang menggunakan flash adalah Youtube yang menayangkan video di internet. Sedangkan salah satu game online yang menggunakan flash adalah Angry Birds. Untuk dapat menampilkan konten berbasis flash, Anda wajib memiliki plug-in bernama Adobe Flash Player terlebih dahulu. Biasanya plug-in ini sendiri sudah terpasang secara otomatis di dalam perangkat yang Anda miliki.
Namun sayangnya, flash tidak mendukung untuk memainkan game online secara langusng dari perangkat ponsel lagi. Secara garis besar, flash baik untuk dimainkan pada perangkat komputer saja karena memiliki dukungan yang rendah terhadap perangkat ponsel.
Salah satu situs terkemuka yang menggunakan flash adalah Youtube yang menayangkan video di internet. Sedangkan salah satu game online yang menggunakan flash adalah Angry Birds. Untuk dapat menampilkan konten berbasis flash, Anda wajib memiliki plug-in bernama Adobe Flash Player terlebih dahulu. Biasanya plug-in ini sendiri sudah terpasang secara otomatis di dalam perangkat yang Anda miliki.
Namun sayangnya, flash tidak mendukung untuk memainkan game online secara langusng dari perangkat ponsel lagi. Secara garis besar, flash baik untuk dimainkan pada perangkat komputer saja karena memiliki dukungan yang rendah terhadap perangkat ponsel.
HTML5
HTML5 sendiri terbilang sebagai pengembang teknologi baru dan kepopulerannya meningkat saat Steve Jobs (pendiri Apple) memutuskan untuk tidak mendukung Flash pada perangkat iOS. Saat ini juga YouTube telah melakukan transisi dari yang semulanya menggunakan Flash menjadi HTML5 pada situs desktopnya.
HTML5 adalah markah pemrograman yang saat ini banyak digunakan oleh para webmaster untuk membuat situs web. Teknologi HTML5 menggunakan pendekatan yang berbeda dengan Flash dalam pengaplikasiannya. Untuk game, HTML5 mengirimkan API untuk menampilkan teknologi tertentu, seperti Canvas atau WebGL. Selain dapat dimanfaatkan untuk memainkan game online berbasis web, HTML5 dapat digunakan untuk menciptakan konten situs web yang sangat dinamis karena situs web statis sudah sangat kuno dan saat ini pengunjung lebih tertarik untuk berinteraksi dengan sesuai yang nampak lebih "hidup" serta representatif.
Game berbasis HTML5 juga tidak memerlukan plug-in tambahan untuk dapat dimainkan karena menggunakan markah pemrograman yang sudah didukung secara bawaan oleh aplikasi peramban. Lalu, satu set kode yang ditulis untuk game dapat digunakan pada berbagai pernagkat yang mendukung HTML5.
Kesimpulan :
Flash dan HTML5 adalah teknologi yang dapat digunakan untuk menciptakan konten digital yang baik. Flash telah dikenal oleh banyak orang karena hadir dalam dunia teknologi lebih lama sedangkan HTML5 adalah teknologi baru namun memiliki potensial yang baik. Keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun untuk penggunakan pada perangkat berupa ponsel, dapat dikatakan HTML5 adalah teknologi yang lebih baik untuk dipilih dan dikembangkan.
Flash dan HTML5 adalah teknologi yang dapat digunakan untuk menciptakan konten digital yang baik. Flash telah dikenal oleh banyak orang karena hadir dalam dunia teknologi lebih lama sedangkan HTML5 adalah teknologi baru namun memiliki potensial yang baik. Keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun untuk penggunakan pada perangkat berupa ponsel, dapat dikatakan HTML5 adalah teknologi yang lebih baik untuk dipilih dan dikembangkan.
No comments:
Post a Comment